Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Belajar Saham untuk Investor Pemula

Beberapa waktu terakhir investasi tengah menjadi populer dan trend baru dimasyarakat. Kini banyak orang berbondong-bondong belajar saham dan mulai menanamkan modalnya dengan tujuan meraup kesuksesan dari keuntungan yang diperoleh.

Panduan Belajar Saham Bagi Investor Pemula

Apakah berminat untuk mulai terjun investasi dalam bidang ini?. Jika iya, sebelum mulai menanamkan modal dan melakukan transaksi. Penting bagi Anda belajar saham serta memahami dahulu beberapa panduan berikut ini:

1.  Pahami Apa Itu Saham

Sebelum mempelajari lebih dalam mengenai jenis investasi ini, terlebih dahulu pahami hal yang paling dasar yakni pengertian tentang saham. Untuk mempermudah pemahaman Anda mengenai definisi bisa mencarinya melalui berbagai sumber di internet.

Belajar Saham

Setelah mengetahui definisinya, berikutnya pahami alasan kenapa perlu melakukan investasi saham. Selain itu cari tahu juga mengenai prosedur untuk melakukan transaksi. Mulai dari cara membelinya, membuka rekening hingga software yang akan digunakan.

2.  Kenali Istilah dalam Investasi Saham

Jika sudah memahami tentang apa itu saham, berikutnya kenali dan pahami arti dari istilah-istilah yang sering muncul serta digunakan oleh para investor. Pasalnya, masing-masing dari kata tersebut memiliki definisi.

Karena terlalu banyaknya istilah hal ini kerap kali membuat para investor pemula kebingungan. Padahal, penting sekali untuk memahami kata-kata tersebut agar dapat bertransaksi secara aman serta sesuai tujuan utama melakukan investasi.

3.  Ketahui Jenis Saham yang Menguntungkan

Penting bagi pemula untuk belajar mengenali jenis-jenis saham yang ada di bursa efek dan memiliki prospek besar mendatangkan keuntungan. Hal ini sangat penting dilakukan supaya menghindari kesalahan dalam memilih.

Untuk mengetahui jenis saham menguntungkan, terdapat beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Pertama, tentang kondisi fundamental perusahaan. Kedua, dibutuhkan kejelian melihat perkembangan saham.

4.  Tentukan Tujuan Melakukan Investasi Saham

Dalam belajar mengenai investasi saham, penting bagi Anda untuk menentukan tujuan melakukan hal itu sedari awal. Sejauh ini terdapat tiga jenis motif orang-orang mengerjakan kegiatan tersebut, yakni meraup keuntungan jangka pendek, menengah dan panjang.

Pasalnya dari masing-masing tujuan tersebut memiliki fokus kegiatan dan resiko. Menurut pakar investasi, sebaiknya investor pemula memilih jangka menengah karena dirasa lebih aman dibandingkan menjadi trader harian yang harus aktif melakukan transaksi serta membayar fee broker.

5.  Tentukan Nominal yang Ingin Diinvestasikan

Setelah memahami panduan-panduan sebelumnya, berikutnya sudah waktunya bagi Anda untuk menentukan besaran nominal yang ingin diinvestasikan. Dalam hal ini, sebaiknya bagi pemula jangan tergesa-gesa membeli saham berjumlah besar.

Sebaiknya dalam menentukan besaran nominal yang ingin diinvestasikan sesuaikan dengan kepemilikan budget atau mulailah dari modal kecil. Hal ini mengantisipasi jika terjadi kesalahan perhitungan sehingga resiko kerugian juga tidak terlalu besar.

6.  Ketahui Keuntungan dan Kerugian

Hal yang tidak boleh terlewatkan saat belajar investasi yakni mengetahui dan memahami keuntungan yang bisa diperoleh. Dalam hal ini berupa deviden. Perusahaan akan membagikan keuntungan kepada para pemegang saham secara rata, baik secara cash atau melalui stock.

Layaknya koin yang memiliki dua sisi, begitu juga dengan investasi saham. Tidak hanya menawarkan keuntungan, metode ini juga mempunyai banyak resiko, seperti capital loss, suspend dan masih banyak lainnya sehingga investor mengalami kerugian.

Itulah panduan lengkap belajar saham terutama bagi investor pemula. Semoga dengan ulasan singkat di atas bisa menambah wawasan dan pemahaman Anda mengenai jenis investasi ini, agar terhindar dari kegagalan ketika terjun ke bidang tersebut.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Belajar Saham untuk Investor Pemula"