Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benda-Benda yang Tidak Boleh Dimasukkan ke dalam Microwave

Terdapat beberapa benda yang memang tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Biasanya sebabnya adalah karena khawatir benda tersebut akan rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Atau bisa juga alat masak ini dapat rusak bila dimasukkan benda asing itu.

Beberapa Benda yang Tidak Boleh Dimasukkan ke dalam Microwave

Microwave memang difungsikan untuk memasak, memanaskan dan menghangatkan semua jenis masakan. Namun, ada beberapa benda asing yang tidak boleh sampai dimasukkan dalam mesin satu ini. Karena khawatir dapat menyebabkan suatu hal tak diinginkan. Berikut adalah benda-benda itu.

1.  Aluminium Foil

Kebanyakan dari orang-orang menganggap bahwa ketika akan memanaskan suatu masakan ke oven atau microwave, maka bahan yang paling tepat untuk digunakan adalah aluminium foil. Padahal sebenarnya hal ini dapat memicu kecelakaan. Bahkan bisa berakibat fatal jika terus dilakukan.

Microwave

Gelombang mikro pada microwave saat dipertemukan dengan unsur logam yang terkadnudng pada aluminium fol bisa menghasilkan percikan-percikan api. Maka dari itu, sebaiknya dihindari untuk digunakan pada mesin microwave. Namun, jika untuk oven biasa, Anda masih bisa memakainya.

2.  Cabai

Selain benda asing, sebaiknya hindari juga memasukkan cabai ke dalam microwave. Cabai mengandung bahan kimia capsaicin yang bisa bereaksi dan juga keluar kemudian menjadi asap. Hal tersebut tentu beresiko besar merusak mesin microwave tersebut.

Apalagi jika pintu mesin ini dibuka, maka cabai bisa meledak dan bisa saja mengenai tangan atau muka orang disekitarnya. Bahkan jika terkena kulit, maka akan menyebabkan rasa panas serta terbakar. Selain itu, bahan ini juga dapat menghasilkan api dan membakar serta merusak microwave itu.

3.  Wadah dan Kantong Plastik

Wadah dan kantong plastik juga menjadi salah satu deretan barang asing yang tidak boleh dimasukkan dalam microwave. Sebaiknya gunakan bahan dengan keterangan microwaveable untuk menghindari kejadian-kejadian tak diinginkan. Dengan begitum semuanya akan tetap aman.

Hal yang patut diketahui adalah bahwa wadah atau kantong terbuat dari kerts, styrofoam, dan juga plastik sangat tidak dianjurkan dimasukkan dalam mincrowave. Karena barang-barang tersebut bisa mengeluarkan zat beracun saat meleleh. Ini tentu sangat membahayakan kesehatan.

4.  Air Susu Ibu (ASI)

Air susu ibu (ASI) tidak boleh sampai dimasukkan ke dalam tempat panas seperti microwave. Mungkin jiak disimpan dalam freezer itu masih boleh-boleh saja. Saat dipanaskan, protein baik dalam asi akan berkurang dan mati.

Hal itu terjadi karena adalah perlambatan enzim akibat suhu panas itu. Apalagi jika asi yang panas diberikan kepada bayi, maka akan beresiko membakar mulut dan lidahnya. Sangat penting untuk tetap menjaga kondisi asi tetap dalam keadaan steril, sehingga aman untuk dikonsumsi para bayi.

5.  Daging Beku

Daging beku juga tidak boleh dimasukkan dan dipanaskan dalam microwave. Karena bakteri pada daging yang ikut membeku akan menyebar pada mesin ini dan tetap tumbuh di situ. Bakteri itu bisa beresiko masuk dalam setiap bahan makanan yang Anda panaskan setelah daging ini.

Untuk itu, sebaiknya hindari untuk memanaskan segala macam jenis daging-dagingan dalam microwave. Supaya alat ini tetap steril dan tidak terkontaminasi dengan bakteri-bakteri berbahaya. Dengan begitu, itu akan meminimalisir terjadinya keracunan makanan tersebut.

Sekian pembahasan mengenai benda-benda yang tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave. Semua barang diatas memiliki resiko-resiko berbahaya dan bisa mengancam keselataman Anda dan orang-orang di rumah. Ada baiknya untuk menggunakan barang khusus untuk memanaskan makanan.

Posting Komentar untuk "Benda-Benda yang Tidak Boleh Dimasukkan ke dalam Microwave"